Fakultas Ilmu Kesehatan UNISLA Lakukan kunjungan Industri Pengolahan Susu Pasteurisasi

 

Senin, 29 Agustus 2022, Mahasiswa Program Studi Kesehatan Lingkungan Universitas Islam Lamongan (UNISLA) melakukan kunjungan Industri ke Wisata Edukasi Susu Batu (WESB) yang berlokasi di Batu, Malang-Jawa Timur.

Lokasi WESB yang berada di depan kompleks Jatim Park 3 ini memiliki luas 4 hektar yang menyuguhkan beragam wahana edukasi.

Wahana Milk Factory menjadi lokasi pertama yang dikunjungi oleh mahasiswa/i. Terdapat informasi tentang bagaimana proses produksi susu sapi pasteurisasi sampai dengan proses packaging.

Walaupun mahasiswa/i tidak dapat melihat proses pemerahan sapi dikarenakan sedang terjadi wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kaki) pada hewan ternak, namun seluruh proses produksi susu yang higienis, mulai dari cara memerah susu dari sapi, pasteurisasi, sampai ke packaging yang berstandar BPOM dijelaskan secara detail dengan alat peraga yang sama dengan kedaaan di lapangan maupun di laboratorium.

Selain memproduksi susu dari sapi peranakan Friesian Holstein (FH) Friesland (Belanda), WESB juga memproduksi susu dari sapi lokal Kota Batu dengan peralatan yang di impor dari Eropa.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.